Tidak Ada Pengungsi di Kudus, Tidak Ada Tanggul Jebol di Wilalung Demak

Situasi di pedukuhan setro minggu malam 31 januari 2021

Tirtanews.id, KUDUS - Berita tentang ribuan warga Dukuh Karangturi Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus yang mengungsi di jalan lingkar Kencing Kaliwungu bohong. Begitu pula video tentang jebolnya tanggul di Desa Wilalulung Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak.

Warga hendaknya lebih berhati hati saat membaca berita dan atau melihat video yang diunggah oleh oknum yang sengaja ingin membuat heboh masyarakat. Pekan lalu juga ada video banjir bandang di Jekulo Kudus yang diunggah, namun video tersebut ternyata kejadian di tahun 2014.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, pada Minggu pukul 18.30 WIB (31/1/2021) sungai Wulan meluap. Mengakibatkan tiga pedukuhan di Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu dilanda banjir Dengan ketinggian hingga sekitar satu meter.

Dari tiga pedukuhan tersebut yang terdampak cukup parah adalah di Dukuh Karangturi. Sebanyak 350 kepala keluarga (KK) atau 1.500 jiwa mala mini dilaporkan terisolir

Pedukuhan lain yang terdampak: 1. Dukuh Kalangan : 35KK/117 Jiwa dan Dukuh Setro : 140KK/440 Jiwa

Saat ini Petugas BPBD, Pemcam Kaliwungu, Pemdes Setrokalangan, Forkopimcam Kaliwungu, SAR Gabungan dan Masyarakat sekitar sudah melakukan beberapa upaya diantaranya pengadaan transportasi darurat untuk warga menggunakan perahu, pendirian Dapur Umum, persiapan pendirian Posko Pengungsian dan Posko Kesehatan.

Sementara ini lokasi Posko pengungsian berada di Aula Balai Desa Kedungdowo, Aula Balai Desa Banget dan Aula Kantor Kecamatan Kaliwungu. Untuk lokasi Dapur Umum berada di Masjid Al Islam Setrokalangan dan Posko Kesehatan berada di UPTD Puskesmas Kaliwungu.(Grace)

BERITA LAINYA