Untuk Memastikan Terpenuhinya Kapasitas Ruang, HM Hartopo Tinjau Rumah Sakit Rujukan Covid-19


Tirtanews.id, KUDUS - Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kudus H.M Hartopo Bersama Dandim 0722/Kudus dan Kapolres Kudus dengan didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten meninjau tiga rumah sakit rujukan Covid-19 di kabupaten Kudus baik lini 1,2,3 Untuk memastikan terpenuhinya Tempat Tidur (TT) ICU dan Tempat Tidur (TT) Isolasi pasien covid-19 sesuai surat edaran Bupati Kudus yang merujuk pada instruksi dari Kemendagri dan surat edaran Gubernur Jateng siang ini, Senin (11/1).


Pelaksana Tugas Bupati Kudus H.M. Hartopo mengatakan  bahwa kapasitas rumah sakit untuk ruang isolasi harus tersedia minimal 25% dari ketersediaan yang ada.


"Berdasarkan instruksi Kemendagri dan surat edaran Gubernur, kapasitas ruang isolasi dirumah sakit harus tersedia minimal 25%, dan Alhamdulillah semua rumah sakit yang ada di kabupaten Kudus ini memenuhi persyaratan dari apa yang telah diinstruksikan," terangnya.


Dirinya menambahkan, jika keseluruhan rumah sakit tempat rujukan covid-19 ini terdapat lebih dari 25% kapasitas yang diinstruksikan.

"Alhamdulillah kapasitas ruang isolasi bisa lebih dari 25%, bahkan ada yang 30-40% dari kapasitas yang diinstruksikan oleh Kemendagri dan Gubernur Jateng, bahkan untuk ruang ICU disini (RSI) tersedia 40 Tempat Tidur (TT) ICU," imbuhnya.

Dengan telah terpenuhinya kapasitas baik untuk Tempat Tidur (TT) ICU maupun Tempat Tidur (TT) Isolasi untuk pasien covid, Pihaknya berharap agar pihak pengelola dapat mengatur mengenai protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan terpenuhinya ketersediaan ini, kita tinggal mengatur tentang pendisiplinan dan pengetatan disiplin protokol kesehatan ini," pungkasnya.

Diketahui, Kabupaten Kudus telah memiliki rumah sakit rujukan covid baik lini 1,2, maupun 3 dengan kapasitas titik ICU dan titik Isolasi pasien lebih dari 25%. Diantara rumah sakit tersebut meliputi : RSUD. dr. Loekmono Hadi dengan 14 titik ICU dan 134 titik Isolasi, RSI Yakis (Sunan Kudus) dengan 1 titik ICU dan 52 titik Isolasi, RS. Mardirahayu dengan 2 titik ICU dan 78 titik Isolasi, RS. Kumala Siwi dengan 1 titik ICU dan 12 Isolasi, RS. Aisiyah belum ada titik ICU dengan 27 titik Isolasi, RS. Kartika Husada belum ada titik ICU dengan 2 titik Isolasi, RS. Nurussyifa dengan 3 titik ICU dan 13 titik Isolasi. Dengan demikian total keseluruhan ada 21 titik ICU dan 318 titik isolasi di rumah sakit rujukan covid-19 yang ada di Kabupaten Kudus.(Red)

KOMENTAR

0 Komentar

0 Komentar