Untuk Ngopi Saja Puncak Gedung Parkir Pasar Kliwon

Gedung parkir pasar Kliwon Kudus dilihat dari arah utara (Foto Grace)

Tirtanews.id, KUDUS - Daripada Gedung Parkir di komplek Pasar Kliwon tidak mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pemasukan retribusi parkir, sebaiknya dimanfaatkan untuk tempat “ngopi”, “ngeteh” saja. Terutama bangunan di bagian paling atas dan lantai tiga.

Dari tempat tersebut yang ketinggiannya lebih dari 10 meteran, pengunjung bisa melayangkan pandangan mata lebih luas tanpa halangan.

Dari puncak gedung parkir ke arah barat (Foto Grace)

“Kami sudah mengajukan ijin ke Dinas Perdagangan Kudus. Namun setelah mengetahui gedung parkir telah diserahkan pengelolaannya kepada Dinas Perhubungan (Dishub) sampai sekarang belum kami lakukan lagi (mengajukan ijin lagi),  "ujar Santoksin, salah satu anggota Kamar dagang indonesia (Kadin) Jawa Tengah, Selasa malam (19/1/2021).

Bila diijinkan, bangunan atas dan lantai tiga tinggal pembenahan ringan. Terutama pagar pengaman dan menambah interior supaya lebih menarik.

Inilah lantai paling atas gedung parkir pasar Kliwon Kudus (Foto Grace)

Gedung Parkir berlantai tiga ini dibangun dengan biaya sekitar Rp 23 miliar pada tahun anggaran 2016. Didesain mampu menampung 175-200 mobil. Namun kenyataannya hanya mampu menampung 75 buah saja. Atau masing-masing lantai berdaya tampung 25 unit mobil.

Dengan catatan, setiap mobil diparkir dengan posisi menyamping. Bila dipaksakan bisa ditambah dengan 5-6 mobil dengan posisi memanjang, tapi akan berakibat, mobil yang diparkir menyamping kesulitan untuk ke luar masuk.

Menurut data yang dihimpun Tirtanews panjang gedung parkir berlantai tiga ini mencapai 60 meter dengan lebar 25 meter. Namun panjangnya seakan berkurang, karena “dipotong” untuk “pintu” masuk ke luar di dua sisi, tempat untuk tangga berjalan dan ruangan petugas. Begitu pula lebarnya bangunan juga harus dikurangi di bagian tengah, tembok/konstruksi bangunan.

Lantai tiga gedung parkir pasar Kliwon yang nyaris tidak ada mobil yang mau parkir di sini (Foto Grace)

Selain itu pada umumnya panjang mobil niaga/APV, maupun MPV, berkisar antara 4,225 meter hingga 4,420 meter. Sedang lebarnya 1,635 hingga 1,745 meter. Bila panjang dan lebar ini dijadikan patokan untuk menghitung jumlah mobil/kapasitas parkir, maka samasekali tidak mungkin bila gedung parkir Pasar Kliwon berdaya tampung 175-200 mobil - sesuai desain.(Grace)

BERITA LAINYA