Belum Juga Cair, Uang Santunan Korban Covid-19

Ilustrasi uang

Tirtanews.id, KUDUS - Sampai dengan Selasa (9/2/2021) ahli waris warga yang meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten Kudus belum juga mendapatkan santunan Rp 15 Juta per korban dari pemerintah pusat. Belum diketahui secara pasti penyebabnya. “Meski kami sudah mengajukan lewat mekanisme yang berlaku. Di Jawa Tengah saja yang santunannya cair baru tujuh orang, Itulah faktanya seperti itu ” ujar Kepala Dinas Sosial Kudus, Mundir yang ditemui Tirtanews.

Mundir tidak tahu secara persis berapa warga Kudus yang meninggal akibat Covid-19, maupun jumlah korban meninggal dunia yang telah diajukan untuk mendapatkan santunan Rp 15 juta melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Termasuk yang sudah memperoleh, Berdasarkan data yang dihimpun, sampai dengan Senin malam (8/2/2021) jumlah korban meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten Kudus telah mencapai 460 orang.

Mundir Ka Dinsos Kudus

Salah satu korban yang belum memperoleh santunan atas nama Suljanto (63) warga Desa Gondangmanis RT 02/RW 11, Kecamatan Bae (Kudus) yang meninggal dunia pada 15 September 2020 jam 07.50 WIB di RSUD Loekmono Hadi. Ia meninggalkan seorang isteri dan tiga orang anak,

Sedang semua persyaratan administrasi untuk mengurus santunan tersebut telah diserahkan kepada Dinas Sosial Kudus. Antara lain Surat permohonan dari ahli waris ditujukan kepada Dinas Sosial. Surat keterangan/pernyataan ahli waris yang ditandatangani di atas materai 6000. Surat kuasa ahli waris yang ditandatangani di atas materai 6000. Foto copy surat keterangan kematian dari instansi kesehatan/rumah sakit yang menyatakan meninggal dunia karena Covid-19 disertai rekam medis dilegalisir. Foto copy KTP, KK, buku rekening ahli waris. 6. Foto copy KK dan KTP korban.(Grace).

BERITA LAINYA