Dinsos Banten Lakukan Bimbingan Bagi Bekas Warga Binaan Lembaga Permasyarakatan (BWBLP)

Header Menu

Dinsos Banten Lakukan Bimbingan Bagi Bekas Warga Binaan Lembaga Permasyarakatan (BWBLP)

Rabu, 12 Juni 2024

Dinas Sosial Provinsi Banten Menyelenggarakan Bimbingan Keterampilan Bagi Bekas Warga Binaan Lembaga Permasyarakatan (BWBLP) Dari Tanggal 14 s/d 21 Mei Di UPTD Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Banten.


Dinas Sosial Provinsi Banten menyelenggarakan Bimbingan Keterampilan bagi warga Bekas Binaan Lembaga Permasyarakatan (BWBLP)

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memulihkan kembali harga diri, kepercayaan diri para peserta dalam melaksanakan peran dan fungsi Sosialnya secara wajar dalam kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 14 s/d 21 Mei 2024 di UPTD Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten, diikuti oleh 15 orang klien Balai Pemasyarakatan Kelas I Tangerang. Adapun jenis keterampilannya adalah "Montir Motor" .Jumat 31-5-2024

Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Dr Nurhana menyatakan bahwa Pembangunan kesejahteraan sosial pada golongan  masyarakat yang sering kita sebut sebagai Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) termasuk didalamnya Tuna Sosial, sehingga pada achirnya mereka diharapkan dapat meningkatkan status sosial dan ekonominya untuk dapat mencukupi kebutuhan minimal dan merupakan unsur penting dalam strategi guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang kurang mampu.

Bertitik tolak dari permasalahan tersebut diatas, Pemerintah Provinsi Banten dalam kesempatan ini Dinas Sosial melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 bersama sama Unit Layanan Technis Dinas (UPTD) Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten serta Balai Pemasyarakatan Kelas I Tangerang berupaya optimal untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan "bimbingan dan keterampilan bagi bekas warga binaan lembaga Permasyarakatan"

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Pròvinsi Banten, Evi Sofia.

Dalam sambutanya mengatakan bahwa Peserta selama mengikuti bimbingan ketrampilan akan diberikan teori tentang Speda Motor dan praktek Service ringan speda motor.

Diachir kegiatan para peserta diberi peralatan sevice motor sebagai modal untuk membuka usaha.

Selanjutnya Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Tangerang Heru Prasetiyo.

Mengucapkan terimskasih kepada Dinas Sosial Provinsi Banten yang telah menyelenggarakan bimbingan keterampilan, dan berpesan kepada para peserta untuk menanamkan diri bahwa kita dapat bermanpaat bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat pada umumnya.

Kegiatan ini merupakan bukti bahwa Negara hadir dalam menghadapi kesulitan, selain itu kegiatan ini juga diharapkan membawa dampak signifikan dan memberikan manfaat bagi peserta. (Adv)